Artikel

Tips Memilih Lokasi Dan Persiapan Sebelum Outbound

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan outdoor yang menarik harus mencoba kegiatan outbound. Outbound saat ini menjadi kegiatan yang paling tren di kalangan masyarakat karena paling andil untuk mengisi waktu liburan dan juga mendapatkan kesenangan. Outbound adalah salah satu jenis kegiatan dan juga pelatihan yang dilakukan di alam atau tempat terbuka lengkap dengan peralatan-peralatan yang mendukung kegiatannya.

Banyak sekali manfaat yang dipetik dari kegiatan pelatihan di luar ruangan ini terutama untuk melatih sebuah tim agar bisa saling bekerja sama. Tidak heran jika banyak kantor-kantor atau perusahaan yang melakukan kegiatan ini di luar jam kerjanya untuk meningkatkan kerja sama antar pegawai dan juga banyak manfaat lainnya. Nah, sebelum melakukan kegiatan pelatihan ini atau outbound simak dahulu tips memiliki lokasi wisata dan juga jenis permainan outbound yang harus dicoba.

Tips Memilih Lokasi Outbound

Tips memilih lokasi atau tempat outbound yang menarik dan nyaman antara lain :

  1. Fasilitas

Tips memiliki lokasi dan tempat melakukan kegiatan outbound yang paling nyaman adalah harus memperhatikan fasilitasnya. Fasilitas yang paling utama adalah fasilitas yang terdapat di dalam lokasi outbound tersebut. Nah, sebab fasilitas outbound yang nyaman dan memuaskan adalah yang lengkap. Fasilitas seperti jenis permainan, menyediakan peralatan untuk kegiatan, sound system, toilet, tempat beristirahat, mushola, parkir yang luas serta kebersihannya terjaga. Sehingga perlu melakukan survei lokasi sebelum menentukan lokasi dan tempat melakukan kegiatan outbound.

  1. Jarak tempuh

Kemudian perhatikan dahulu jarak tempuh atau waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke lokasi tempat outbound. Sebab jarak tempuh harus menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memiliki lokasi outbound yang paling nyaman. Apabila jarak dan waktu tempuh itu cukup jauh sehingga memakai banyak waktu sebaiknya pertimbangkan lagi karena kurang nyaman dan pasti akan sedikit lebih lelah di perjalanannya. Sehingga carilah lokasi yang masih mudah dijangkau atau tidak terlalu jauh karena memanajemen waktu juga penting untuk melakukan sebuah kegiatan di luar.

  1. Harga

Nah, yang terakhir adalah memilih harga yang sesuai dengan kantong atau budget. Banyak tempat outbound yang menyediakan berbagai paket kegiatan sehingga dipertimbangkan lagi untuk masalah harganya. Carilah tempat atau lokasi untuk melakukan kegiatan outbound yang relatif murah dengan fasilitas yang lumayan cukup bagus. Nah, untuk menentukan tempatnya tentu harus survei lokasi untuk melihat fasilitas dan juga harganya sehingga bisa sesuai dengan anggaran yang akan dikeluarkan untuk kegiatan outdoor ini dengan baik.

Itulah tips menentukan dan memilih lokasi outbound yang nyaman, lengkap, bagus dan juga memuaskan. Kemudian jenis-jenis kegiatan outbound yang menarik dan bisa Anda pilih contoh-contohnya ada di bawah ini.

Contoh Memilih Kegiatan Outbound Yang Menarik

Contoh-contoh kegiatan atau permainan outbound yang menarik dan harus dicoba adalah :

  1. Permainan untuk kelompok

Salah satu permainan atau kegiatan outbound yang menarik adalah permainan secara berkelompok. Kegiatan outbound sebagian besar ini akan melibatkan sebuah kelompok untuk memainkannya sehingga akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Nah, banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan kekompakan dan kerja sama yang tinggi. Sehingga peserta akan mendapatkan manfaat dari kegiatan yang dilakukan untuk kebersamaan mereka di satu tim atau kelompok itu.

  1. Permainan yang menantang

Kemudian carilah permainan yang menantang sehingga bisa memacu adrenalin Anda. Bermain permainan yang biasa-biasa saja mungkin akan kurang membuat Anda tertantang namun jika mencoba permainan yang lebih sulit dan menantang pasti akan lebih berkesan bagi peserta. Nah, pastinya dari jenis-jenis kegiatan outbound yang dapat dipilih salah satunya ada pilihan permainan yang menantang jadi harus Anda coba untuk melakukannya.

  1. Permainan yang mengasyikkan

Lalu permainan yang mengasyikkan dan bisa mengundang tawa adalah salah satu kegiatan outbound yang pasti menarik. Permainan yang bisa mengundang tawa atau lucu pasti lebih menyenangkan dan lebih disukai oleh para peserta outbound. Sehingga mereka yang ikut serta dalam kegiatan outbound akan lebih rileks dan bahagia karena kegiatan yang dilakukan ini menyenangkan serta mengundang tawa karena cukup unik.

  1. Permainan yang bisa dilakukan semua orang

Terakhir adalah memilih permainan yang bisa dilakukan semua peserta atau orang. Pastinya yang akan melakukan kegiatan outbound ini adalah sekelompok orang sehingga pastikan semua anggota kelompoknya ini bisa melakukan permainan tersebut. Sehingga semuanya akan merasakan permainan yang seru dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang baru.

Nah, setelah mendapatkan lokasi dan juga pilihan permainan outbound yang menarik simak tips sebelum melakukan kegiatan outbound.

Tips Sebelum Melakukan Kegiatan Outbound

Tips sebelum peserta melakukan kegiatan outbound supaya lancar dan aman antara lain :

  1. Survei dan memeriksa lokasi

Tips sebelum peserta melakukan kegiatan outbound agar tetap lancar dan aman adalah harus survei dahulu lokasinya serta memeriksanya apakah sudah siap atau belum. Nah, biasanya kegiatan ini akan dilakukan oleh panitia untuk memastikan zona yang digunakan untuk kegiatan outbound sudah siap untuk dipakai. Nah, sebelum menuju ke lokasi harus melakukan koordinasi dengan pihak yang menyediakan kegiatan outbound supaya mempersiapkan tempat dan fasilitasnya.

  1. Memastikan tubuh sedang fit

Kemudian untuk semua peserta harus memastikan dahulu kondisi tubuhnya sedang fit dan prima. Jika terdapat peserta yang kurang fit sebaiknya jangan memaksakan untuk mengikuti kegiatan outbound yang cukup berat karena bisa memperparah kondisi tubuhnya. Nah, jika ingin lebih fit sebelum melakukan kegiatan outbound adalah harus bisa menjaga kondisi tubuh dengan baik. Caranya ialah konsumsi makanan yang bergizi dan menjaga kesehatannya agar bisa mengikuti kegiatan tersebut.

  1. Perhatikan instruksi dan arahan dengan baik

Nah, sebelum melakukan kegiatan outbound harus perhatikan instruksi dan juga arahan yang diberikan oleh instruktur atau panitia kegiatan outbound. Pastinya sebelum memulai kegiatan akan melakukan technical meeting. Selain itu, setiap peserta sebaiknya melakukan pemanasan supaya kegiatan outbound bisa berjalan dengan lancar tanpa ada yang cidera atau sakit.

Nah, seperti itu tips dan cara yang dapat dilakukan sebelum melakukan kegiatan outbound supaya mendapatkan manfaat dan merasa senang.