Artikel

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Bali Rafting

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Bali Rafting

Bali rafting merupakan salah satu kegiatan petualangan yang menjadi sorotan para wisatawan karena aktivitasnya yang menantang bagi wisatawan. Sebagian besar dari wisatawan sudah menyadari kalau Bali bukan hanya menyimpan pasir putih sebagai tempat wisata yang menakjubkan melainkan juga terdapat sungai sebagai tempat wisata petualangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Bali Rafting. Dan bisa jadi hal tersebut belum diketahui oleh masyarakat.

Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Bali Rafting

Sebelum melakukan kegiatan rafting di Bali, ada baiknya mengetahui hal yang perlu Anda tahu tentang Bali rafting. Hal tersebut supaya tidak kaget dan bingung saat sudah sampai di wisata rafting. Jangan sampai setelah sampai di Bali malah kebingungan apa yang harus dilakukan atau seperti apa medan yang akan dihadapi. Hal yang wajib diketahui mengenai Bali rafting antara lain:

  1. Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Jika Anda ingin wisata rafting di Bali, maka harus dipersiapkan beberapa perlengkapan demi keamanan dan kenyamanan selama dan setelah rafting. hal yang perlu Anda tahu tentang Bali rafting yang pertama adalah membawah baju ganti karena tidak mungkin pulang memakai baju yang basah kuyup. Dan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari jangan lupa membawa sunblock. Untuk dokumentasi, jangan lupa membawa kamera sendiri untuk mengabadikan setiap momen istimewa.

  1. Transportasi

Hal lainnya yang perlu diketahui adalah sarana transportasi untuk menuju sungai tempat rafting. Biasanya peserta bisa mendapatkan fasilitas antar jemput dan itu gratis karena sudah termasuk ke dalam fasilitas peserta rafting. Tetapi jika merasa tidak nyaman untuk berbagi kursi kendaraan dengan bisa meminta kendaraan khusus. Atau mungkin bisa melakukan sewa motor diĀ https://www.rentalmotorbali.net yang ada di sekitar tempat wisata.

  1. Sungai yang Aman untuk Rafting

Di Bali terdapat 3 sungai yang aman dan sering dipakai untuk rafting. Sungai tersebut adalah Sungai Ayung yang terletak di Ubud, Telaga Waja di Karangasem, dan Melangit di Klungkung. Dari tiga sungai tadi, Sungai Telaga Waja dan Ayung yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Kedua sungai tersebut merupakan sungai yang aman bagi rafter pemula dan sungainya terkenal bersih dan bebas dari sampah.

  1. Kelas Tingkat Kesulitan Sungai

Level atau kelas tingkat kesulitan sungai merupakan hal yang perlu Anda ketahui tentang Bali Rafting selanjutnya. Tingkatan kelas sungai rafting dimulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Semakin tinggi kelas semakin sulit dan berbahaya. Sungai Telaga Waja dan Ayung mempunyai kelas 1 hingga 4. Jadi aman untuk rafting terutama bagi para pemula. Kedua sungai tersebut juga cocok untuk rekreasi.

  1. Durasi Rafting

Anda harus mengetahui kalau durasi rafting setiap sungai berbeda-beda tergantung panjangnya rute sungai. Sungai Telaga Waja merupakan sungai dengan rute terpanjang yaitu 16 Km. Untuk menyelesaikannya dibutuhkan waktu sekitar 25 menit. Sedangkan Sungai Ayung yang mempunyai panjang sekitar 10 Km membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin karena dalam kurun waktu itu rafter terombang ambing di atas perahu karet yang terombang ambing.

Itulah semua hal yang perlu Anda ketahui tentang Bali rafting. Dan berwisatalah dengan nyaman dengan mempersiapkan semua hal tadi. Jangan sampai Anda tidak tahu apa-apa mengenai tempat yang dipakai untuk rafting. Persiapkan dengan baik semua hal yang diperlukan supaya kenyamanan tetap terjaga.